Jaga-Jaga Pandemi Terulang, Negara G20 Bikin Dana Patungan Kesehatan

Foto : istimewa

Pasardana.id - Negara anggota G20 telah menyepakati untuk membentuk dana perantara keuangan atau Financial Intermediary Fund (FIF) guna kesiap-siagaan penanganan pandemi.

Rencananya, dana perantara keuangan ini akan beroperasi di akhir Juni 2022.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, para menteri keuangan dan menteri kesehatan negara G20 menyatakan dukungan untuk kolaborasi G20 yang terukur dan dapat diperluas secara bertahap dan selektif untuk negara di luar anggota G20.

"Negara anggota G20 menyambut baik kemajuan dalam membentuk FIF yang ditempatkan di Bank Dunia, dan akan terus membahas tata kelola dan pengaturan operasional FIF," jelas Sri Mulyani dalam konferensi pers, Selasa (21/6/2022).

"Dana sebesar US$ 1,1 miliar telah diamankan untuk Financial Intermediary Fund, sebagai pencegahan, kesiap-siagaan terhadap pandemi," jelas Sri Mulyani lagi.

Ditambahkan, melalui FIF ini, memberikan mekanisme sebagai sumber pembiayaan yang bersinergi, baik di negara maju maupun negara berkembang.

Lebih lanjut ia menekankan, pembiayaan ini harus inklusif sehingga dapat diakses semua Negara yang membutuhkan dalam penanganan ancaman kesehatan.

“Sehingga ini akan memperkuat platform kolaborasi antara Menteri Keuangan dan Menteri Kesehatan, juga antara negara maju dan berkembang,” tuturnya.