Paska Lebaran, BPN Pastikan Stok dan Harga Pangan Stabil

Foto : istimewa

Pasardana.id - Badan Pangan Nasional (BPN) memastikan, pasca hari Raya Idul Fitri stok pangan aman dan harga stabil.

Kepala Badan Pangan Nasional (BPN), Arief Prasetyo Adi mengungkapkan, hal tersebut berdasarkan pemantauan yang dilakukan secara langsung ke beberapa titik pasar tradisional beberapa kota di Indonesia.

"Secara umum semua bahan pangan pokok tersedia dan harga stabil berdasarkan pemantauan secara langsung ke pasar tradisional mulai dari wilayah Sumatera, Sulawesi, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Jakarta Bogor dan sekitarnya, serta wilayah lainnya yang dilakukan tim Badan Pangan Nasional selama lima hari Pasca hari raya Lebaran," kata Arief, di Jakarta, Minggu (8/5/2022).

Kegiatan pemantauan tersebut, kata Arief, dilakukan untuk memastikan ketersedian dan harga pangan di momentum Lebaran 2022, karena pemerintah pada tahun ini telah mengizinkan masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halamannya.

Sementara itu, selama hampir sepekan pasca Lebaran di beberapa pasar tradisional, meski terpantau sepi pengunjung, namun harga relatif stabil.

Arief menjabarkan, untuk harga daging sapi segar stabil, dengan rata-rata nasional dikisaran Rp 137.050 per kg seperti sebelum Lebaran, begitupun daging ayam ras di kisaran Rp 38.000 hingga Rp 40.000 bergantung ukurannya.

"Beras medium harga relatif stabil di harga 10.830 per kg, bawang merah 35.740 per kg, bawang putih 30.850 per kg, cabe merah keriting dan cabe rawit merah masih stabil di kisaran mulai Rp30.000 hingga Rp45.000 per kg," ujarnya.

Kemudian berdasarkan data terkini harga pangan rata-rata nasional tingkat konsumen per tanggal 6 Mei 2022, komoditas gula pasir di beberapa pasar tradisional tersedia dengan kisaran harga Rp 14-15 ribu per kg, telur Ayam dikisaran Rp 26.000 per kg.