Jokowi Sebut 10 Perusahaan Sedang Dibangun di KIT Batang

Foto : istimewa

Pasardana.id – Sedikitnya, ada 10 perusahaan yang sedang tahap konstruksi di Kawasan Industri terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah.

Pabrik yang dibangun, mulai dari alat kesehatan hingga pipa.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, sebanyak 10 perusahaan yang pabriknya sedang dibangun di KIT Batang terdiri dari 5 perusahaan lokal dan 5 perusahaan asing.

Hal itu disampaikannya berdasarkan informasi dari Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia.

"Tadi disampaikan Pak Menteri (Bahlil) bahwa di sini sudah ada 10 perusahaan yang dalam proses konstruksi, baik itu pabrik untuk baterai mobil listrik, pabrik kaca yang terbesar di Asia Tenggara, pabrik alat kesehatan, dan seterusnya," ujarnya dalam ground breaking PT. Wavin Manufacturing Indonesia KIT Batang, Senin (03/10).

Dijabarkan Presiden, ada lima perusahaan local, yang terdiri dari; Jayamas Medica Industri (alat kesehatan), Interskala Medika (alat kesehatan), Rumah Keramik (keramik), Tawada Healthcare (alat kesehatan), dan Unipack Plasindo (Polivinyl Chloride/PVC).

Sedangkan lima perusahaan asing, yaitu; Cosmos Ink Korea Selatan (tinta), KCC Glass Korea Selatan (kaca), Wavin Orbia Belanda (Pipa), Window Shutters Inggris (bingkai jendela), dan Yih Quan Taiwan (alas kaki).

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mengatakan, saat ini banyak negara berlomba-lomba mendapatkan investasi.

Pasalnya, investasi dapat membuka lapangan kerja, meningkatkan pendapatan negara serta cadangan devisa.

"Semua negara sekarang ini dalam posisi yang tidak mudah, posisinya sulit semua. Krisis pangan, krisis energi, krisis keuangan, terjadi di hampir seluruh negara. Yang sekarang ini menjadi rebutan adalah investasi," pungkasnya.