Kementan Mau Impor Daging Sapi Hingga Bawang Putih Untuk Konsumsi Ramadhan

Foto : istimewa

Pasardana.id - Untuk menjaga keamanan stok di bulan Ramadhan agar tidak terjadi kelangkaan, Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) berencana untuk impor daging sapi/kerbau sebanyak 154.398 ton.

Adapun periode impor tersebut akan berlangsung hingga Mei.

Sementara dalam 1 tahun ini, impor daging sapi diperkirakan akan mencapai 281.867 ton. Daging yang diimpor berasal dari Brazil dan Meksiko.

"Sudah ada perencanaan kapan harus masuk supaya tidak ada kelangkaan," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Hendriadi, Minggu (7/3/2021).

Selain daging, hingga Mei pemerintah juga akan mengimpor beberapa bahan pokok lainnya, yaitu bawang putih 257.824 ton, berdasarkan rata-rata impor dalam 3 tahun (2017-2019).

Pemerintah juga akan mengimpor gula pasir sebanyak 646.944 ton hingga Mei.

Tak hanya itu, pemerintah juga bakal mengimpor kedelai yang diperkirakan akan diimpor sebanyak 1.046.978 ton untuk memenuhi kebutuhan hingga Mei yakni 1.304.186.

"Di bawah koordinasi Kemenko Perekonomian kita sudah membuat prediksi berapa harus impor, dan kapan harus masuk sehingga perkiraannya supaya pemenuhan di bulan Ramadan itu aman," sebut Agung.

"Memang untuk daging sapi, bawang putih, kemudian gula juga kedelai memang sebagian masih membutuhkan impor," tandasnya.