Setelah Otomotif dan Properti, Kini Pemerintah Siapkan Insentif Untuk Hotel Hingga Kafe

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Setelah sektor otomotif dan properti, kini pemerintah tengah menyiapkan insentif baru untuk hotel, restoran dan kafe (Horeka) yang terdampak pandemi Covid-19.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah sedang mengkaji insentif baru untuk sektor Horeka.

"Insentif terkait hotel, restoran dan kafe kami sedang mendalami kembali. Kemarin kami sudah bicarakan dengan Menparekraf sehingga ini kami sedang formulasikan dan tentu nanti kami akan dibahas dengan Bu Menkeu dan saat sekarang belum bisa di-publish," kata Airlangga dalam video virtual, Senin (1/3/2021).

Sayangnya belum disampaikan model insentif seperti apa yang akan diberikan untuk sektor Horeka.

Namun, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan, untuk sektor hotel, tahun lalu sudah ada upaya penekanan bisnis dengan membuat hotel di beberapa kota jadi penginapan tenaga kesehatan.

"Jadi itu menjadikan paling tidak mengisi dari hotel-hotel yang mengalami penurunan kunjungan wisatawan domestik maupun dari luar yang tidak datang," ucapnya.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, model insentif yang diberikan belum pasti. Tapi untuk sektor hotel seperti tahun lalu sudah ada upaya pemberian demand dari belanja pemerintah.

Beberapa hotel di beberapa kota jadi penginapan tenaga kesehatan.

"Paling tidak mengisi hotel-hotel karena adanya penurunan wisatawan domestik dan luar yang tidak datang," ujarnya.

Dia menambahkan, dana alokasi khusus (DAK) berdasarkan survei terutama bantuan untuk restoran dan hotel akan dikalibrasi serta diformulasikan dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno.

"Nanti kita lihat. Nanti kita lihat basis data dan kebijakan," tandasnya.