Penunjukan Sri Mulyani di Respon Positif Pasar

foto : istimewa

Pasardana.id - Penunjukan Sri Mulyani Indrawati, Managing Director and Chief Operating Officer Bank Dunia sebagai Menteri Keuangan Kabinet Kerja Jilid II di Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla di respon positif oleh pasar.

Direktur Institute for Development of Economic and Finance (INDEF), Enny Sri Hartati menilai, dipilihnya Sri Mulyani Indrawati sebagai Menteri Keuangan yang baru membuat kepercayaan pasar meningkat.
 
"Kapabilitas dan juga track record Bu Sri Mulyani tidak ada yang meragukan. Akseptabilitas dari pasar,trust atau kepercayaan sangat tinggi sekali pada Bu Sri Mulyani," kata Enny, di Universitas Trilogi, Jakarta, Rabu (27/6/2016).

Menurut dia, hal tersebut menjadi modal besar yang sangat kuat dalam kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk menumbuhkan kepercayaan pasar kembali serta bagaimana mengonsolidasikan fiskal.

Bahkan Enny berpendapat , Sri Mulyani sebagai orang yang tepat dalam mengonsolidasikan fiskal dan menjaga kepercayaan pasar.

Namun demikian, Enny juga menekankan, kepercayaan pasar yang timbul karena sosok Sri Mulyani harus juga diimbangi dengan transformasi struktural dan kelembagaan pemerintahan Indonesia.

Asal tahu saja, dalam menjalankan fungsi dan tugasnya, Sri Mulyani memiliki Pekerjaan Rumah (PR) yang besar karena sekarang ini pemerintah tengah membahas Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2017. Tidak hanya itu, juga ada persoalan lain yang perlu dicarikan jalan keluarnya.

Beberapa persoalan itu, seperti defisit neraca perdagangan, kinerja ekspor yang belum maksimal, impor yang membengkak, melemahnya nilai tukar rupiah, dan melambatnya laju perekonomian secara nasional.

Tentu semua pihak menunggu gebrakan seorang Sri Mulyani dalam menyelesaikan sejumlah persoalan itu.

Adapun sebelumnya, Sri Mulyani pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan Indonesia pada 2005-2010, dan juga pernah menjabat sebagai Menteri PPN/Kepala Bappenas. Lalu pada 2008-2009, Sri Mulyani menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian di pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.