Tips Agar Investasi Aman dan Terhindar dari Tawaran Investasi Ilegal

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id -  Dengan semakin maraknya jumlah investor ritel di tanah air, PT Bahana TCW Investment Management menghimbau agar para investor dapat berinvestasi secara aman dan mendeteksi ajakan investasi ilegal yang bisa merugikan investor.

Senior Manager Corporate Communication & Media Relation Bahana Group, I Gede Suhendra Kerta membeberkan, salah satunya adalah berhati-hati dengan tawaran investasi yang menjanjikan keuntungan investasi yang pasti dan teratur (harian/mingguan/bulanan) dalam berinvestasi.

"Sebab, perusahaan aset manajemen yang baik dan benar tidak pernah menjanjikan return pasti, namun lebih menunjukkan potensi keuntungan yang dapat diperoleh investor dengan melihat historis pergerakan pasar dan performa produk reksa dana," jelasnya, dalam siaran pers, Kamis (18/2).

Ditambahkan, Bahana TCW menghimbau agar investor selalu mengecek dan melakukan verifikasi akan identitas perusahaan tersebut, apakah perusahaan tersebut sudah terdaftar dan juga diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan atau tidak.

Selain itu, sebelum menentukan investasi, sebaiknya melihat produk investasi yang dibeli, bisa melalui lembar fakta pendanaan (fund fact sheet), atau jika perlu berdiskusi dengan agen pemasaran atau layanan nasabah (customer service) mengenai produk tersebut untuk menghindari pembelian ‘kucing dalam karung’.

Bahana TCW juga menyatakan bahwa perusahaan tidak pernah membuat WhatsApp group dan Telegram group untuk mengajak serta memfasilitasi nasabah untuk berinvestasi.

Asal tahu saja, Bahana TCW merupakan anak usaha dari holding BUMN Asuransi dan Penjaminan, Indonesia Financial Group (IFG).

Nasabah dapat melakukan transaksi melalui BahanaLink (https://link.bahanatcw.com).

Selain itu, nasabah juga bisa melakukan transaksi dengan agen distributor seperti bank, sekuritas, dan perusahaan fintek yang terdaftar dan diakui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jika menemukan suatu hal yang mencurigakan terkait tawaran investasi dengan imbal hasil pasti dan mengatasnamakan Bahana TCW, konsumen bisa menghubungi call center di 021-2505585 atau di +62 811-1048-432, dan email di support.bahanatcw@bahana.co.id .