ANTM dan Satgas BUMN Kalbar Berpartisipasi dalam Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM) bersama Satuan Tugas Bencana Nasional Badan Usaha Milik Negara Kalimantan Barat (Satgas BUMN Kalbar) melaksanakan program dari Kementerian BUMN yaitu Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen sebagai upaya meningkatkan angka kesembuhan dan menekan angka kematian pada pasien Covid-19.

Direktur Sumber Daya Manusia ANTM, Luki Setiawan Suardi mengatakan, ANTAM dan Satgas BUMN Kalimantan Barat bekerjasama dengan PMI dan RSUD Dr. Soedarso sebagai rumah sakit yang saat ini sudah dapat melaksanakan donor plasma konvalesen.

"Perusahaan senantiasa mendukung dan berpartisipasi aktif dalam program yang dicanangkan oleh Pemerintah dalam upaya penanganan Covid-19," beber Luki, seperti dilansir dari siaran pers, Jumat (12/2).

Pelaksanaan donor plasma konvalesen tahap pertama dikoordinir oleh ANTAM yang dilakukan di RSUD Dr. Soedarso, Pontianak, telah dimulai pada Senin, 8 Februari 2021.

Pada tahap awal kegiatan donor tersebut diprioritaskan kepada penyintas Covid-19 dari karyawan dan keluarga BUMN.

Selanjutnya, kegiatan tersebut diharapkan meluas ke masyarakat sehingga makin tinggi kesadaran dan partisipasi penyintas Covid-19 untuk menyumbangkan plasmanya dalam membantu menyelamatkan pasien Covid-19.

Menteri BUMN, Erick Thohir memimpin launching program Plasma BUMN untuk Indonesia pada 8 Februari 2021 yang lalu di Jakarta Pusat.

Dalam sambutannya, Menteri BUMN mengatakan, program tersebut merupakan konsistensi dari Kementerian BUMN dan perusahaan BUMN dalam melawan Covid-19.

Program tersebut digelar secara serentak paling tidak di 15 provinsi seluruh Indonesia serta disaksikan secara online di 34 provinsi Indonesia.