ANTM Raih Penghargaan Anugerah BUMN dan BCOMSS Award 2022

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM), anggota MIND ID - BUMN Holding Industri Pertambangan, meraih penghargaan dalam ajang 11th Anugerah BUMN 2022 dan BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) Award 2022 yang digelar pada tanggal 23 dan 24 Maret 2022, di Jakarta.

Direktur Pengembangan Usaha ANTAM, Dolok Silaban mengatakan, Apresiasi Anugerah BUMN yang diterima Perusahaan merupakan wujud nyata atas komitmen ANTAM dalam pelaksanaan tata kelola perusahaan sesuai dengan best practice dalam pengembangan bisnis yang dijalankan.

"Selain itu, penghargaan BCOMSS Award melaui pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di sekitar wilayah operasi merupakan apresiasi atas kinerja keberlanjutan Perusahaan," ungkap Dolok Silaban, seperti dilansir dari siaran pers, Selasa (29/3/2022).

Disebutkan, ANTAM menerima penghargaan Kategori Transformasi Organisasi Terbaik III dalam ajang 11th Anugerah BUMN 2022 yang diselenggarakan oleh BUMN Track dan PPM Manajemen dengan tema “Transformasi Tata Kelola BUMN Membangun Keseimbangan Bisnis” pada Kamis, 24 Maret 2022.

Adapun kriteria penilaian dalam Kategori Transformasi Organisasi yaitu pada rencana, program kerja, dan kebijakan yang telah disusun serta hasil yang diperoleh dalam bertransformasi dan bertumbuh terutama di masa pandemi covid-19.

Sedangkan dalam ajang BCOMSS Award pada Rabu, 23 Maret 2022 lalu, ANTM mendapatkan juara 2 Kategori Sustainability dalam aspek Pengembangan UMKM (SME Development) melalui program keberlanjutan berjudul “Ecovillage Kiarasari” yang dilaksanakan oleh ANTAM Unit Bisnis Pertambangan Emas di Desa Kiarasari, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Desa Kiarasari memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah, seperti adanya air terjun, hamparan sawah terasering, dan sumber mata air yang dapat dikelola sebagai destinasi wisata ramah lingkungan (ecovillage) namun belum dioptimalkan dengan baik untuk menjadi sumber penghasilan masyarakat.

Pengembangan UMKM yang dilaksanakan ANTAM di Kiarasari antara lain; pengelolaan destinasi wisata, camping ground, pembuatan pupuk kompos, budi daya ubi jalar Jepang, pengelolaan olahan makanan ringan, dan kerajinan daur ulang sampah anorganik.

Untuk diketahui, BCOMSS Award 2022 merupakan tahun kedua gelaran akbar praktisi Komunikasi dan Corporate Social Responsibility di lingkungan BUMN.

Acara yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN dan dihadiri oleh Menteri BUMN, Erick Thohir tersebut, diharapkan menjadi benchmark, standardisasi dan apresiasi tertinggi, yang pada akhirnya akan membawa peningkatan kualitas program komunikasi dan keberlanjutan.