Avian Incar Dana Hingga Rp5,7 Triliun Dari IPO

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id -  PT Avia Avian Tbk tengah mengincar dana hingga Rp5,76 triliun dari pelaksanaan Penawaran Umum Perdana Saham atau Initial Public Offering (IPO), dengan melepas sebanyak-banyaknya 62 juta lot atau 6,2 miliar lembar saham.

Jumlah itu setara dengan 10,01 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Mengutip prospektus IPO calon emiten produsen cat ini yang diunggah pada laman e-IPO, Jumat (12/11/2021) tertera kisaran harga penawaran mulai Rp780 hingga Rp930 per lembar saham.

Sehingga, perseroan berpeluang meraup dana sebesar Rp4,836 triliun hingga Rp5,766 triliun.

Untuk memuluskan rencana itu, telah ditunjuk Mandiri Sekuritas, UBS Sekuritas Indonesia dan Credit Suisse Sekuritas Indonesia selaku penjamin emisi efek.

Bersama ketiga sekuritas itu, perseroan mulai melakukan penawaran awal pada tanggal 12 hingga 18 November 2021.

Diharapkan, pernyataan efektif IPO terbit pada tanggal 29 November 2021. Jika demikian, penawaran umum mulai tanggal 1 hingga 3 Desember 2021.

Rencananya, sekitar 54,5 persen dana hasil IPO akan digunakan untuk modal kerja, yang antara lain; pembayaran kepada pemasok, pembelian persediaan, biaya operasional dan modal kerja lainnya. 

Selebihnya, sebanyak 18,2 persen akan digunakan oleh entitas anak, PT Tirtakencana Tatawarna untuk modal kerja. 

Selanjutnya, sebanyak 13,3 persen akan digunakan untuk pelunasan pokok utang bank Perseroan dan Tirtakencana Tatawarna. 

Sisanya, sebanyak 14 persen akan digunakan untuk belanja modal untuk tahun anggaran 2022 - 2024, seperti fasilitas manufaktur ketiga Perseroan yang baru di Cirebon, fasilitas manufaktur yang sudah ada, mesin-mesin dan pusat distribusi Tirtakencana Tatawarna.

Untuk diketahui, perseroan memiliki lio produk Solusi Arsitektur, yang dimaksud terdiri dari; cat dinding, cat kayu dan besi, cat anti air, perawatan kayu dan solusi arsitektur lainnya, yang meliputi cat atap, semen instan, pelapis otomotif dan lainnya.

Sebagai pemegang merek dagang Avian ini juga menawarkan barang dagangan lain, seperti; pipa, mebel, dan produk pendukung yang diperlukan dalam proses pengecatan, termasuk rol cat, kuas cat, pita segel, dan ampelas.