Kemenkeu Siapkan Aturan Pajak Khusus Untuk Investor

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan akan memberikan perlakuan perpajakan khusus bagi Lembaga Pengelola Investasi.

Tujuannya, memberikan daya tarik bagi investor yang ingin menanamkan modalnya di LPI.  

"Dalam hal ini, perlakuan perpajakan yang menjadi implikasi dari transaksi tersebut perlu untuk dibangun, sehingga LPI memiliki daya tarik," kata Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR secara virtual, Senin (25/1/2021).

Disampaikan Menkeu, saat ini pemerintah tengah menyusun Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tersebut dan diharapkan dapat selesai dengan waktu yang cepat.

"Saat ini kami sedang dalam proses penyelesaian untuk RPP terkait perlakuan perpajakannya," ujarnya.

Menkeu juga berharap, tetap ada keseimbangan antara LPI sebagai lembaga baru yang perlu memantapkan reputasinya, namun di sisi lain tetap menerapkan tata kelola yang baik.

"Di sisi lain juga tetap mencoba untuk mengikuti tata kelola serta prinsip-prinsip governance yang baik, termasuk kewajiban perpajakannya. Meskipun kami memang akan memberi berbagai dukungan agar modal LPI dan cadangan modalnya semakin meningkat di satu level tertentu," jelasnya.

LPI merupakan lembaga yang diberi kewenangan khusus (sui generis) dalam rangka pengelolaan Investasi pemerintah pusat melalui UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Keberadaan LPI diharapkan dapat berperan sebagai mitra strategis yang mampu memberikan kenyamanan bagi investor untuk menanamkan modal di Indonesia.

Menindaklanjuti amanat UU Cipta Kerja tersebut, LPI perlu dilengkapi dengan landasan hukum yang kuat serta didukung dengan tata kelola yang berstandar internasional.