Sri Mulyani Salurkan Rp5,29 Miliar Untuk Bantu 5.296 Pelaku Budaya Terdampak Pandemi Covid-19

Foto : istimewa

Pasardana.id - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menyalurkan anggaran sebesar Rp5,29 miliar untuk bantuan kepada pelaku budaya yang terdampak pandemi Covid-19.

Bantuan ini disalurkan kepada 5.296 pelaku budaya sampai dengan minggu ketiga September 2020.

Dilansir dari akun Instagram resmi Kementerian Keuangan @kemenkeuri, Senin (28/9/2020), pemerintah mengalokasikan total anggaran sebesar Rp26,5 miliar untuk 26.500 pelaku budaya. Artinya masing-masing akan menerima bantuan sebesar Rp1 juta per orang.

"Uang kita sebesar Rp26,5 miliar dialokasikan untuk melindungi 26.500 pelaku budaya yang mata pencahariannya terdampak covid-19. Melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pemerintah memberikan pembinaan agar pelaku budaya mampu mempublikasikan karya budayanya secara virtual," tulis keterangan tersebut.

Bantuan pemerintah program apresiasi pelaku budaya ini diberikan dalam bentuk honorarium/jasa profesi atas keterlibatan pada karya bidang kebudayaan selama masa tanggap darurat covid-19.

Kriteria pelaku budaya yang mendapatkan bantuan sebesar Rp 1 juta ini antara lain, pelaku budaya yang tidak punya mata pencaharian lain selain kegiatan kebudayaan yang berhenti total atau berkurang signifikan akibat wabah.

Pelaku budaya yang memiliki penghasilan sebesar-besarnya Rp 5 juta per bulan sebelum wabah. Penerima juga harus sudah terdata oleh Ditjen Kebudayaan Kemendikbud pada 3-8 April 2020.