Sri Mulyani Klaim Program Bansos Ampuh Atasi Angka Kemiskinan Secara Drastis

Foto : istimewa

Pasardana.id - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menyebut program bantuan sosial (bansos) yang diberikan pemerintah, secara drastis bisa mencegah penurunan angka kemiskinan.

Apalagi, sejak awal pemerintah telah memetakan dampak pandemi Covid-19 baik dari kesehatan maupun ekonomi.

"Bagaimana bisa men-support yang paling rentan, yaitu populasi yang paling terdampak karena tidak bisa melakukan mobilitas dan itu sangat menekan sektor informal dan UKM di Indonesia," kata Sri Mulyani di Jakarta, Kamis (18/3/2021).

Dia juga mengatakan, kebijakan pemerintah telah merespons kebutuhan 30 persen masyarakat terbawah melalui penyaluran bansos.

Pada akhirnya, angka kemiskinan Indonesia berhasil ditahan agar tidak meningkat tajam seperti yang diperkirakan.

"Hal itu membantu sangat banyak karena tanpa intervensi itu kemiskinan akan meningkat secara drastis karena Covid-19, tapi karena perubahan kebijakan yang cepat kita bisa mencegah kemiskinan di kisaran level 10,4 persen," ujarnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) sebelumnya mencatat angka kemiskinan mengalami kenaikan 0,97 persen dibandingkan September 2019 menjadi 10,19 persen.

Realisasi angka kemiskinan ini lebih baik dari prediksi Bank Dunia yang bisa mencapai 11,8 persen.

Sri Mulyani menyebut, ekonomi Indonesia juga sangat dipengaruhi oleh sektor konsumsi.

Beruntung, investasi dan ekspor mulai pulih dengan catatan menggembirakan dalam dua kuartal terakhir.

"Jadi kami melihat ini sebagai pertanda baik untuk pemulihan ekonomi Indonesia. Sebagai hasil dari penyelesaian survei Anda, kami mendukung penuh meskipun masalah fundamental dan struktural yang perlu terus ditangani Indonesia," pungkasnya.