ANALIS MARKET (27/8/2020) : Sentimen Eksternal Berpotensi Jadi Katalis Pergerakan Indeks Hari Ini

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian OSO Securities menyebutkan, pada perdagangan kemarin (26/08) IHSG ditutup menguat tipis sebesar 0.03% ke level 5,340.33.

Lima dari sepuluh indeks sektoral ditutup dalam zona hijau, dimana sektor Perkebunan dan Infrastruktur memimpin penguatan masing-masing sebesar 1.02% dan 0.92%.

Minimnya pergerakan indeks, inline dengan aksi pelaku pasar yang masih mencermati pembicaraan kesepakatan dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China.

Adapun yang turut menjadi salah satu penahan pergerakan indeks pada perdagangan kemarin yakni adanya aksi jual bersih pelaku pasar asing yang masih cukup besar bahkan mencapai Rp 521 miliar.

Sementara itu, nilai tukar Rupiah terdepresiasi sebesar 0.55% ke level 14,729.

Di sisi lain, pada perdagangan semalam (26/08) bursa saham Wall Street kompak ditutup dalam zona hijau, dimana Nasdaq dan S&P 500 kembali mencetak rekor ke level tertinggi dengan penguatan masing-masing sebesar 1.73% dan 1.02%, diikuti Dow Jones yang naik 0.30%.

Penguatan tersebut seiring dengan optimisme pasar menyikapi perkembangan vaksin Covid-19 dan pemulihan ekonomi AS yang dinilai terus menunjukkan perbaikan.

Salah satunya, rilis data Pesanan Barang Tahan Lama AS bulan Juli yang naik 11.2%.

Selain itu, pelaku pasar juga masih mencermati rapat tahunan The Fed pada Kamis (27/08) yang akan membahas serangkaian kelanjutan kebijakan moneter dan arah pergerakan ekonomi AS serta komentar ketua The Fed, Jerome Powell mengenai laju Inflasi.

“Beragam kondisi tersebut diatas berpotensi jadi katalis pergerakan indeks hari ini,” sebut analis OSO Securities dalam riset yang dirilis Kamis (27/8/2020).