ANALIS MARKET (03/9/2020) : Sentimen Eksternal Berpotensi Jadi Katalis Pergerakan Indeks

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian OSO Securities menyebutkan, pada perdagangan Rabu (02/09) kemarin, IHSG ditutup mixed dengan kenaikan hanya sebesar 0.02% ke level 5,311.97.

Enam dari sepuluh indeks sektoral ditutup dalam zona hijau, dimana sektor Perkebunan dan Infrastruktur memimpin penguatan masing-masing sebesar 3.37% dan 1.07%.

Minimnya pergerakan indeks terjadi ditengah aksi ambil untung para pelaku pasar asing yang masih berlanjut.

Tercatat selama perdagangan kemarin pelaku pasar asing melakukan net sell senilai Rp 671 miliar, sementara selama seminggu terakhir investor asing sudah mencatatkan penjualan bersih hingga mencapai Rp 4.03 triliun.

Adapun nilai tukar Rupiah terdepresiasi sebesar 1.08% ke level 14,757.

Sementara itu, pada perdagangan semalam (02/9), bursa saham Wall Street kompak ditutup dalam zona hijau, dimana Dow Jones naik 1.58%, S&P 500 menguat sebesar 1.53% dan Nasdaq positif 0.98%.

Penguatan tersebut sejalan dengan optimisme pasar menyikapi laporan "Beidge Book" dari Federal Reserve yang menunjukkan adanya peningkatan lapangan kerja dan aktivitas bisnis di AS selama bulan Agustus, meskipun Fed tetap melihat aktivitas ekonomi di beberapa negara bagian masih lesu.

Selain itu, para pelaku pasar mulai mengakumulasi kembali saham-saham defensif semalam seperti sektor keuangan yang mengalami kenaikan sebesar 1.5%,. Meski begitu, saham-saham teknologi masih terus mencatatkan rekor penutupan tertingginya.

"Beragam kondisi tersebut diatas berpotensi jadi katalis pergerakan indeks hari ini," sebut analis OSO Securities dalam riset yang dirilis Kamis (03/9/2020).