ANALIS MARKET (11/8/2020) : Sentimen Eksternal Masih Menjadi Katalis Pergerakan Indeks Hari Ini

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian OSO Securities menyebutkan, pada perdagangan awal pekan kemarin (10/8), IHSG naik sebesar 0.29% ke level 5,157.84.

Delapan dari sepuluh indeks sektoral ditutup dalam zona hijau, dimana sektor Industri Dasar memimpin kenaikan sebesar 1.35%.

Penguatan tersebut dengan langkah Fitch Ratings yang kembali mempertahankan peringkat BBB untuk Indonesia dengan outlook stabil.

Dalam laporannya, Fitch menilai ekonomi Indonesia di tahun ini dapat terkontraksi sebesar 2%, namun Fitch memperkirakan ekonomi Indonesia mampu tumbuh hingga 6.6% di tahun 2021.

Adapun dari dalam negeri, penguatan indeks ditopang oleh kenaikan saham-saham sektor pertambangan batu bara, dimana tercatat saham INDY, ITMG dan DOID masing-masing mengalami peningkatan sebesar 12%, 9% dan 6%.

Hal tersebut merespon laporan ekspor batu bara Indonesia ke China yang naik hingga 13% selama Semester I 2020.

Sementara itu, Bursa saham Wall Street ditutup bervariasi pada perdagangan Senin (10/8), dimana Dow Jones dan S&P 500 menguat masing-masing sebesar 1.30% dan 0.28%, sedangkan Nasdaq kembali melemah sebesar 0.39%.

Pergerakan indeks seiring dengan munculnya beberapa sentimen diantaranya, penandatanganan bantuan eksekutif oleh Presiden AS, Donald Trump untuk pemulihan tunjangan pengangguran ditengah pembicaraan antara Gedung Putih dan partai Demokrat yang masih belum mencapai kesepakatan pada pekan lalu.

Di sisi lain, ketegangan antara China dan AS kembali meningkat setelah muncul rencana pemberlakuan aturan standar akuntansi perusahaan Wall Street yang dinilai harus memiliki standar yang sama dengan perusahaan AS, jika hingga akhir tahun 2021 belum dapat menyesuaikan aturan tersebut maka perusahaan asal China ataupun negara lain dapat dihapus dari Wall Street.

“Beragam kondisi tersebut diatas berpotensi jadi katalis pergerakan indeks hari ini,” sebut analis OSO Securities dalam riset yang dirilis Selasa (11/8/2020).