ANALIS MARKET (30/6/2020) : Kondisi Pasar Yang Masih Belum Stabil Membayangi Pergerakan Indeks Hari Ini

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian OSO Securities menyebutkan, pada perdagangan awal pekan kemarin (29/6), IHSG ditutup melemah tipis 0.05% ke level 4,902.

Enam dari sepuluh indeks sektoral ditutup dalam zona merah, dimana Sektor perkebunan dan aneka industri memimpin pelemahan masing-masing sebesar 1.8%.

Pelemahan tersebut seiring dengan pergerakan bursa saham Asia akibat sentimen negatif dari peningkatan jumlah kasus positif Covid-19 global yang menimbulkan kekhawatiran akan adanya pembatasan ekonomi kembali.

Hal tersebut ditambah dengan angka kematian akibat virus tersebut yang kini telah melebihi 500 ribu jiwa.

Adapun dari dalam negeri kondisi pasar yang masih belum stabil serta pelaku pasar asing yang masih terus mencatatkan aksi jualnya turut menekan pergerakan indeks.

Di sisi lain, pelaku pasar asing mencatatkan penjualan bersih senilai Rp 600 miliar. Sedangkan nilai tukar Rupiah terdepresiasi sebesar 0.18% ke level Ro 14,244.

Sementara itu, pada perdagangan Senin (29/6), bursa saham Wall Street kompak ditutup dalam teritori positif, dimana Dow Jones naik sebesar 2.32%, disusul S&P 500 dan Nasdaq yang masing-masing naik sebesar 1.47% dan 1.20%.

Penguatan tersebut terdorong oleh rebound-nya saham Boeing sebesar 14.4% setelah hari pertama pengujian sertifikasi pesawat Boeing 737 Max yang dilakukan semalam bersama Federal Aviation Administration.

Selain itu, data penjualan Rumah bulan Mei yang tercatat naik 44.4% secara bulanan turut menjadi salah satu sentimen positif penggerak indeks.

Sementara itu, saat ini pasar masih mencermati langkah stimulus lanjutan pemerintah AS serta tensi perdagangan dengan China yang kembali memanas.

“Kondisi pasar yang masih belum stabil membayangi pergerakan Indeks hari ini,” sebut analis OSO Securities dalam riset yang dirilis Selasa (30/6/2020).