ANALIS MARKET (03/7/2020) : Sentimen Eksternal Bayangi Pergerakan Indeks Hari Ini

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian OSO Securities menyebutkan, pada Kamis (02/7) kemarin, IHSG berhasil menguat lebih dari 1% ke level 4,966.

Penguatan tersebut ditopang oleh seluruh indeks sektoral yang ditutup dalam zona hijau dipimpin oleh sektor properti sebesar 2.33%.

Sentimen positif yang menjadi penggerak indeks, diantaranya yakni; adanya pernyataan dari kementrian PUPR yang menjamin bahwa seluruh proyek konstruksi di Indonesia akan tetap berlanjut meskipun adanya tantangan dari pandemi Covid-19, pernyataan tersebut sekaligus direspon positif oleh pergerakan saham-saham konstruksi pada perdagangan kemarin.

Sementara itu, optimisme bursa saham global merespon pengujian vaksin virus Corona dari dua perushaan farmasi Amerika Serikat (AS) Pfizer dan BioNTech yang dilaporkan berhasil menciptakan antibodi penetralisir turut menjadi tenaga tambahan bagi IHSG.

Adapun pelaku pasar asing masih terus mencatatkan net sell, dengan penjualan senilai Rp 210 miliar kemarin.

Di sisi lain, pada perdagangan Kamis (02/7) kemarin, bursa saham Wall Street kompak ditutup dalam zona hijau, dimana Nasdaq memimpin penguatan sebesar 0.52%, disusul S&P 500 dan Dow Jones masing-masing sebesar 0.45% dan 0.36%.

Penguatan tersebut seiring dengan rilisnya beberapa data dari Departemen tenaga kerja, salah satunya data tingkat pengangguran bulan Juni yang tercatat turun di level 11.1% dibandingkan sebelumnya di level 13.3%.

Selain itu, AS juga mencatatkan data penambahan perkerjaan sebanyak 4,8 juta lebih tinggi dari perkiraan seblumnya sebanyak 3 juta perkerjaan.