Luhut Sebut Akhir Mei 2020 Penyebaran Corona Melandai, PSBB di Daerah Dilonggarkan

Foto : istimewa

Pasardana.idMenteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, penyebaran virus corona di Indonesia akan melandai mulai akhir Mei 2020.

Hal tersebut diketahui berdasarkan pengamatan yang dilakukan pemerintah terhadap penyebaran corona di Indonesia.

“Mudah-mudahan Covid-nya makin cepat dan dari hasil kita punya modeling, itu kira-kira melandai di minggu keempat bulan ini, kita berharap bulan depan makin bagus,” ujar Luhut dalam konferensi pers virtual, Kamis (14/5/2020).

Kendati begitu, Luhut tetap meminta masyarakat menaati protokol kesehatan Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah. Misalnya dengan menggunakan masker saat keluar dari rumah. 

“Tapi tadi masker dan cuci tangan, jaga jarak harus tetap dijalankan,” kata Luhut.

Sebab itu, Luhut mengatakan, pemerintah akan melonggarkan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) di beberapa daerah. Menurutnya, daerah-daerah tersebut dianggap telah berhasil menekan angka penyebaran virus corona (Covid-19).

"Dari data-data yang kita dapat juga kelihatan Covid-19 ini di beberapa tempat sudah mulai flat. Jadi saya pikir sudah bisa tercapai, tidak terlalu dari sekarang ini kami merencanakan untuk mulai melonggarkan (PSBB) di beberapa tempat," katanya.

Mungkin Bali, Manado, Jogja atau Batam dan Bintan yang kasus (virus coronanya) sangat kecil. Dari perkembangan daripada Covid ini dua minggu ke depan. 

"Tapi melihat dari data-data tadi, angkanya mulai membaik," lanjut Luhut. 

Tak lupa, Luhut memuji kinerja para Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang dikomandoi oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang berhasil membuktikan tugas mereka. 

"Saya kira dari hari ke hari kita lihat organisasi Satgas ini makin baik, kerja makin efisien dan efektif. Saya pikir penanganan di lapangan makin bagus," tandas Luhut.