Ada Virus Corona, Luhut Tegaskan Hubungan Dengan China Baik Baik Saja

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan meyakinkan, hubungan Pemerintah China dan Indonesia tidak akan bermasalah alias baik-baik saja.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah China menyesalkan langkah pemerintah Indonesia menutup penerbangan dan membatasi perdagangan ke negeri Tirai Bambu. Mengantisipasi penyebaran virus corona jadi alasan utamanya.

"Nggak lah. Kan (kita) semua sudah paham. Saya sudah bilang ke dia," ungkap Luhut ditemui di kantornya, bilangan Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (6/2/2020).

Lebih lanjut, Luhut dengan tegas mengatakan bahwa hubungan China dan Indonesia cukup erat. Khusus di bidang investasi, alur investasi dari China merupakan dua terbesar yang masuk ke Indonesia.

Luhut juga mengaku sudah menghubungi Duta Besar China untuk Indonesia, Xiao Qian untuk menjelaskan kebijakan pelarangan terbang dan pembatasan dagang ini.

"Tidak (ganggu hubungan) juga. Tapi kan semua sudah saya telpon (Pihak China)," sambung Luhut.

Luhut juga mengatakan bahwa Indonesia pun hanya patuh pada rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO). Makanya, kebijakan ini dilakukan oleh pemerintah.

"Kita ini juga kan nggak bisa lari dari WHO kan. Harus comply dengan itu," kata Luhut.

Sebelumnya, Xiao Qian menyayangkan langkah pembatasan-pembatasan akses dari dan menuju China.

Menurutnya, dampak yang ditimbulkan dari kebijakan ini akan menimbulkan kerugian besar pada perekonomian.

"Menurut saya, kalau ambil pembatasan seperti terhadap penukaran personal penerbangan dan perdagangan, kami sangat tidak berharap itu (dilakukan pembatasan). Dampaknya juga akan merugikan ekonomi perdagangan dan pariwisata Indonesia sendiri," ujar Xiao di kantor Kedutaan Besar China di Jakarta, Selasa (4/1/2020).