Direksi dan Komisaris BUMN Tidak Dapat THR, Erick Thohir : Untuk Donasi Penanggulangan Covid-19

Foto : istimewa

Pasardana.id - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memerintahkan kepada perusahaan-perusahaan pelat merah untuk tidak membagikan tunjangan hari raya (THR) tahun ini.

Tak adanya THR ini diberlakukan untuk jabatan sekelas Direksi dan Komisaris.

Adapun dikeluarkannya kebijakan tersebut untuk menjaga kondisi keuangan BUMN di tengah pandemi virus Corona (COVID-19).

Menteri BUMN, Erick Thohir sudah mengeluarkan surat Nomor S-255/MBU/04/2020 perihal larangan pemberian THR itu.

"Kepada Direksi dan Dewan Komisaris/Dewan Pengawas tidak diberikan THR Tahun 2020," bunyi surat tersebut yang dikutip pada Selasa (21/4/2020).

Kebijakan itu berlaku untuk 110 BUMN yang terdaftar. Di antaranya ada; PT PLN (Persero), PT Pertamina (Persero), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, dan banyak lagi.

THR yang tidak cair didorong agar dipergunakan untuk kegiatan-kegiatan atau donasi kemanusiaan terkait dengan penanggulangan COVID-19.

"Meminta Direksi agar menerapkan kebijakan sebagaimana dimaksud poin 1 dan poin 2 pada anak perusahaan dan afiliasi yang terkonsolidasi pada BUMN," bunyi surat yang ditandatangani oleh Erick Thohir itu.

Sementara itu, Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengatakan, larangan pemberian THR berdasarkan surat dengan Nomor S-255/MBU/04/2020 hanya untuk Direksi dan Dewan Komisaris atau Dewan Pengawas saja.

Sedangkan pemberian THR untuk pegawai, kata Arya, diserahkan oleh masing-masing BUMN.

"Sesuai kebijakan masing-masing BUMN," kata Arya.