ANALIS MARKET (24/1/2020) : Sentimen BI yang Pertahankan Suku Bunga Acuan Berpotensi Jadi Katalis Pergerakan Indeks Hari Ini

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, kemarin (23/1), IHSG mencatatkan net sell Rp297 miliar dengan porsi terbesar senilai Rp283 miliar dicatatkan oleh sektor perbankan.

Meskipun dana asing hengkang dari sektor JCI, TPIA berhasil mencatatkan net buy senilai Rp9 miliar setelah menandatangani kerja sama dengan Abu Dhabi National Oil Company (ADNOC).

Kerja sama kedua perusahaan tersebut akan memberikan TPIA peluang untuk mendapat pasokan bahan baku yang lebih besar.

Selain penguatan TPIA, BBRI juga menguat 0,64% setelah membukukan laba Rp34 triliun karena kinerja penyaluran kredit tumbuh double digit sepanjag 2019. Sementara itu, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menguat tipis 0,05% ke level 13.639.

Di sisi lain, Dow Jones ditutup melemah 0,09% ke level 29.160 lantaran minimnya sentimen yang mendorong pergerakan bursa AS.

Di sisi domestik, BI memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan di level 5% setelah menggelar RDG pada 22 -23 Januari 2020.

Keputusan ini didasari oleh penguatan rupiah dan inflasi yang diperkirakan akan terjaga di level 2%-4%.

ECB senada dengan BI memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuannya dengan mempertimbangkan situasi ekonomi saat ini yang masih kondusif.

“Beragam kondisi tersebut diatas berpotensi jadi katalis pergerakan indeks hari ini,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam riset yang dirilis Jumat (24/1/2020).