POLA Bidik Pertumbuhan Aset 50,8%, Pinjaman Bank dan Jajaki Penerbitan MTN

foto : istimewa

Pasardana.id - PT Pool Advista Finance Tbk (POOL) menargetkan pertumbuhan aset sebesar 50,8% sepanjang tahun 2019, sehingga aset emiten pembiayaan tersebut pada akhir tahun ini diproyeksi mencapai Rp664,53 miliar dari Rp443,59 miliar pada akhir tahun 2018.

Direktur POLA, Raden Ari Priyadi mengatakan, untuk mencapai pertumbuhan aset tersebut perseroan harus melakukan penyaluran pembiayaan baru sebesar Rp220 miliar sepanjang tahun 2019.

Sementara hingga kuartal I 2019, perseroan baru melakukan pembiayaan sebesar Rp40 miliar.

“Pembiayaan baru tetap menitik beratkan pada pembiayaan modal kerja dan investasi serta mengenjot pembiayaan multiguna seperti pembiayaan property yang masih berpotensi besar,” kata Raden di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (14/6/2019).

Ia menambahkan, pihaknya juga sedang melakukan pembicaraan dengan perbankan untuk mendapatkan pinjaman sebagai sumber dana pertumbuhan penyaluran pinjaman baru tersebut.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat akan tercapai kata sepakat dengan satu bank untuk fasilitas pinjaman paling kurang Rp100 miliar,” kata dia.

Sedangkan sumber dana lainnya, lanjut dia, perseroan tengah menjajaki penerbitan surat utang jangka pendek atau Medium Term Notes. Untuk itu, perseroan tengah menunggu hasil peringkat efek untuk MTN itu dari Fitch rating.

“Rencana awalnya kami akan terbitkan sebesar Rp50 miliar hingga Rp70 miliar, tapi kedepan bisa mencapai Rp250 miliar,” ucap dia.