Pabrik Polyetylene Baru TPIA Bebas Pajak 10 Tahun

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) mendapat fasilitas pembebasan pajak dari pengurangan pajak penghasilan perusahaan sebesar 100% selama 10 tahun pertama, setelah dimulai produksi komersial diikuti dengan pengurangan 50% untuk dua tahun. Pembebasan pajak itu berlaku atas investasi pabrik polyethylene baru senilai USD380 juta.

Presiden Direktur TPIA, Erwin Ciputra mengatakan, insentif pajak akan mendukung ekspansi perseroan untuk menambah kapasitas polyethylene sekitar 400 KT/tahun dari kapasitas saat ini sebesar 336 KT/tahun.

“Kami menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada pemerintah atas dukungan kelanjutan ekspansi kami,” kata dia dalam siaran pers, Senin (10/6/2019).

Lebih lanjut Erwin menjelaskan, pabrik baru akan memproduksi high density polyethylene, linear low density polyethylene (LLDPE) dan metallocene LLDPE (mLLDPE).

“Kami harapkan pabrik baru ini akan berproduksi pada kuartal IV 2019,” kata dia.

Ia menambahkan, dengan berproduksinya pabrik baru itu, maka akan meningkatkan kapasitas produksi polyethylene perseroan menjadi 736 KT/tahun, padahal kebutuhan Indonesia akan polyethylene mencapai 1,4 juta ton pertahun.

“Sementara ini 45% kebutuhan polyethylene masih dipasok dari impor, sehingga peningkatan kapasitas produksi kami akan mengurangi kebutuhan impor,” tutup dia.