Rilis Buku Pedoman, OJK Atur Kriteria Iklan Jasa Keuangan

foto: doc OJK

Pasardana.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerbitkan buku Pedoman Iklan Jasa Keuangan. Dalam pedoman tersebut iklan harus memiliki elemen Akurat, Jujur, Jelas dan Tidak Menyesatkan.

Hal itu disampaikan Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan, Sardjito saat memberikan keterangan pers di Jakarta, Selasa (16/4/2019).

Aturan mengenai Iklan Jasa Keuangan tertuang dalam Undang – Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen serta POJK Nomor 1 Tahun 2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan.

Sardjito menerangkan, kriteria iklan yang ‘Akurat’ artinya iklan harus menggunakan referensi yang kredibel dan data riset yang independen. Sementara, kriteria ‘Jelas’ artinya, iklan mudah dipahami, serta mencantumkan informasi secara langsung dan spesifik.

Adapun kriteria ‘Jujur’ artinya iklan menyampaikan informasi yang sebenarnya tentang manfaat, biaya dan risiko dari setiap produk dan layanan jasa keuangan.

Kemudian, kriteria ‘Tidak Menyesatkan’ artinya iklan tidak menggunakan kata berlebihan dan menjanjikan proses yang tidak sesuai dengan prosedur.