ANALIS MARKET (05/3/2019) : IHSG Diproyeksi Bergerak Melemah dan Diperdagangkan Direntang Harga 6.471 - 6.520

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian Pilarmas Investindo Sekuritas menyebutkan, sentimen hari ini, Selasa (05/3/2019), diawali dengan dimulainya National People’s Congress.

Perdana Menteri Li Keqiang akan menyampaikan laporan tahunannya tentang kebijakan ekonomi pada hari ini, dan sebuah dokumen dengan detail yang terperinci yang menjelaskan menetapkan target untuk ekspansi produk domestic bruto serta tujuan untuk kebijakan fiscal dan moneter.

China berencana untuk memotong tarif pajak pertambahan nilai yang mencakup sector manufacture sebesar 3% untuk mendorong ekonomi yang melambat. Dengan adanya potongan tersebut, dapat memberikan tambahan sebesar 600 miliar Yuan atau $90 miliar atau 0.6% dari GDP.

Tentu hal ini akan membantu untuk meningkatkan keuntungan Perusahaan ketika ekonomi menghadapi tekanan seperti sekarang ini.

Tentu hal ini juga bertujuan untuk menjaga deficit anggaran China agar tetap terjaga dibawah 3% dari GDP.

Melanjutkan pertemuan antara China dan Amerika, kesepakatan tampaknya semakin dekat, namun bukan berarti perang dagang usai.

Amerika meminta China untuk menghapuskan tarif atas barang Impor yang telah dikenakannya beberapa waktu lalu, sekarang giliran China yang menginginkan Trump menghapuskan tarif yang dikenakan tahun lalu atas $200 miliar barang barang China.

Namun beberapa penasihat Trump mengatakan bahwa tarif hanya boleh dihapus sepenuhnya setelah China memenuhi semua janjinya, yang mungkin dimana bisa memakan waktu berbulan bulan atau lebih. Tentu disatu sisi apabila ini terjadi, akan memberatkan posisi China untuk waktu yang lama.

Namun dari berita yang kami dapatkan, Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping akan melakukan kesepakatan perdagangan secara formal pada pertemuan puncak yang direncanakan berlangsung pada 27 Maret 2019.

Sekedar tambahan dari Brexit, dengan tenggat waktu 12 March 2019 untuk menentukan proses Brexit mendorong Theresa May menjanjikan kenaikkan 1.6 miliar pound atau 2.1 miliar US untuk wilayah yang paling kekurangan di Inggris. Negosiasi ini sedang berlangsung di Brussels mengenai perubahan Backstop tersebut.

“Secara teknikal, kami memproyeksikan IHSG bergerak melemah dan di perdagangkan pada rentang harga 6.471-6.520 untuk perdagangan hari ini,” jelas analis Pilarmas dalam riset yang dirilis Selasa (05/3/2019).