Cucu Usaha TOWR Akan Buka Jaringan Internet Daerah Terpencil

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id PT Iforte Solusi Infotek (Iforte), cucu usaha PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) melakukan kerjasama dengan Badan Aksesabilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) untuk menyediakan kapasitas satelit komunikasi di wilayah yang belum terlayani oleh penyelenggara telekomunikasi terestrial.

Sekretaris Perusahaan TOWR, Irfan Ghazali menyampaikan, kerjasama yang ditandatangani pada tanggal 30 Januari 2019 tersebut, akan menjalankan kewajiban pelayanan universal (KPU).

“Khususnya pada daerah yang masuk dalam kategori tertinggal, terluar, dan terdepan,” tulis Irfan dalam keterbukaan informasi, Senin (4/2/2019).

Jelasnya, kerjasama ini akan meningkatkan akses layanan telekomunikasi dengan kapasitas satelit asing maupun nasional yang memiliki spesifikasi high throughput satelite (HTS).

Dalam kerjasama selama lima tahun mendatang ini, Iforte wajib menyediakan sistem satelit dan internet, penyedian sistem RF gateway dengan sistem hub VSAT, Modem teleport/gateway, penyediaan sumber daya dan NOC dan dukungan layanan integrasi dengan VSAT remote terminal, serta penyedian pelatihan terhadap BAKTI secara berkala.