Cucu TOWR Raih Pinjaman Rp500 Miliar

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id -  PT Iforte Solusi Infotek, cucu usaha PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) memperoleh fasilitas pinjaman senilai Rp500 miliar dari MUFG Bank Ltd Cabang Jakarta. Hal itu tertuang dalam perjanjian kedua entitas bisnis pada tanggal 6 Februari 2019.

Sekretaris Perusahaan TOWR, Irfan Ghazali menyatakan, faslitas pinjaman tersebut akan digunakan untuk membiayai kebutuhan umum.

“Pemberian pinjaman diharapkan dapat menunjang kegiatan usaha Iforte dan secara konsolidasi akan berdampak positif bagi perseroan,” tulis Irfan dalam keterbukaan informasi pada laman Bursa Efek Indonesia, Jumat (8/2/2019).

Pasalnya, 99,99% saham Iforte dikuasai oleh PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo). Sementara itu. Protelindo dikuasai TOWR sebesar 99,9997%. Sehingga pinjaman ini tergolong transaksi afiliasi karena Protelindo bertindak sebagai penjamin dari pinjaman ini.

Sedangkan kewajiban Iforte, membayar bunga fasilitas pinjaman satu bulan JBOR dan margin sebesar 1,75% pertahun. Sedangkan jangka waktu fasilitas pinjaman ini selama tiga tahun sejak perjanjian.

Hanya saja, nilai pinjaman ini tidak masuk dalam kategori transaksi material, jika mengacu peraturan regulator pasar modal tentang transaksi material dan perubahan kegiatan usaha.