Pemerintah Minta Perusahaan Tambang Tingkatkan Eksplorasi Cadangan Minerba

Foto : istimewa

Pasardana.id – Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong perusahaan tambang meningkatkan ekplorasi untuk mencari cadangan mineral dan batubara (minerba).

Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Mineral Kementerian ESDM, Yunus Saefulhak mengatakan hal tersebut penting dilakukan untuk menjaga kandungan siap di tambang sehingga ada keberlanjutan kegiatan penambangan minerba.

"Nantinya kalau kita banyak menemukan cadangan maka nanti umur tambangnya kan life time-nya semakin panjang, kalau life time-nya semakin panjang berarti pemanfaatan terhadap keekonomian growth dan pertumbuhan daerah juga semakin panjang ya kan, saya kira itu," kata Yunus, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Untuk mendukung rencana tersebut, tahun depan rencananya Kementerian ESDM akan menerbitkan kebijakan baru yang mengatur kegiatan ekplorasi pertambangan.

Dengan begitu kewajiban ekplorasi dilakukan setiap perusahaan.

"Peraturan Menteri ya nanti tergantung inilah atau cukup SK Dirjen, saja nanti tergantung ini ya bagian hukum," ujarnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, kebijakan ekplorasi mencakup rasio pengembalian cadangan dengan kandungan yang di eksploitasi atau reserve replacement ratio (RRR).

Untuk mendukung eksplorasi pertambangan minerba, Kementerian ESDM akan mewajibkan perusahaan tambang menyisihkan pendapatannya kemudian dialokasikan untuk kegiatan eksplorasi.

"Jangan revenue terus dikantongin aja. tapi juga dilakukan untuk eksplorasi supaya menemukan cadangan baru," tutupnya.