ANALIS MARKET (31/10/2019) : Sentimen The Fed yang Pangkas Suku Bunga Acuan Berpotensi Jadi Katalis Pergerakan Indeks Hari Ini

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, IHSG mencatatkan net sell tipis oleh investor asing sebesar Rp59 miliar pada penutupan perdagangan Rabu (30/10).

IHSG masih melanjutkan reli penguatannya, berbanding terbalik dengan mayoritas bursa saham Asia yang masih mepertahankan aksi wait and see jelang keputusan suku bunga the Fed yang diprediksi akan turun 25 basis point menjadi 1,50%-1,75%.

Dari sisi komoditas, keputusan pemerintah untuk menghentikan sementara ekspor bijih nikel selama 1-2 pekan ke depan dalam rangka evaluasi mendorong sahamsaham emiten produsen nikel ditutup menguat seperti INCO (+1,62%), ANTM (+0,54%).

Adapun nilai tukar rupiah terhadap dolar AS ditutup menguat tipis 0,03% ke level 14.031.

Di sisi lain, Dow Jones ditutup menguat +0,43% ke level 27.186 lantaran the Fed memutuskan untuk memangkas suku bunga acuan FFR sebesar 25 bps setelah menggelar FOMC meeting.

Pemangkasan suku bunga acuan ini mempertimbangkan implikasi perkembangan global terhadap prospek ekonomi serta tekanan inflasi.

Dari sisi domestik, pemerintah memutuskan untuk tidak melanjutkan kebijakan peta jalan (roadmap) simplifikasi tarif cukai rokok berdasarkan peraturan terbaru tarif cukai hasil tembakau.

“Sentimen di atas berpotensi jadi katalis pergerakan indeks hari ini,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam riset yang dirilis Kamis (31/10/2019).