ANALIS MARKET (20/7/2018) : IHSG Diproyeksi Bergerak Melemah, Tiga Saham Ini Layak Dikoleksi

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup turun kemarin (19/7), setelah bergerak menguat pada awal sesi. Investor menanti hasil rapat Dewan Gubernur BI. Adapun sector perdagangan yang mengalami Top Losers, yaitu: Consumer (-1.34%), Infrastructure (-1.30%), Trade (-0.97%).

Sementara itu, Bursa Amerika melemah tadi malam (19/7), setelah Presiden Donald Trump mengkiritik The Fed. Penurunan bursa Amerika juga dipicu pelemahan saham perbankan. Sedangkan Bursa Eropa ditutup turun kemarin di tengah penantian investor terhadap rilis kinerja laba 2Q18 dari berbagai perusahaan. Adapun Bursa Asia bergerak variatif kemarin. Bursa China melanjutkan pelemahan di tengah penguatan dolar dan pelemahan yuan.

“Untuk hari ini, kami mengestimasi IHSG bergerak melemah dengan support range 5815-5823 dan resistance range di 5898-5904,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam laporan riset yang dirilis Jumat (20/7/2018).

Lebih lanjut, riset juga menyebut beberapa factor yang layak dicermati pelaku pasar, antara lain; dari global, sentimen negatif datang dari aksi tak terduga dari Presiden Trump yang mengkritik Bank Sentral Amerika. Dalam kritikannya, Trump menyatakan bahwa kenaikan suku bunga akan mengganggu pertumbuhan ekonomi. Kondisi ini memberikan sentimen ketidakpastian bagi pasar.

Di sisi lain, Rupiah kemarin bergerak cenderung melemah dan ditutup di atas Rp14.400.

Sementara itu, sebagai rekomendasi saham untuk aksi Trading Buy, riset menyebut: BMRI, BSDE, dan KLBF layak untuk dikoleksi diperdagangan hari ini, Jumat (20/7/2018).