WIKA Raih Rp5 Triliun Sindikasi Perbankan Bangun Tol Samarinda - Balikpapan

foto : istimewa

Pasardana.id - PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) akan mendapatkan pinjaman sebesar Rp5 triliun dari sindikasi perbankan, fasilitas pinjaman perbankan tersebut dialokasikan untuk pendanaan Pembanguna Jalan tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 99 kilometer.

Direktur Keuangan WIKA, Antonius NS Kosasih menyampaikan, fasilitas pinjaman itu akan segera diwujudkan dengan menandatangani nota kesepahaman dengan bank BUMN dan swasta yang tergabung dalam sindikasi.

“Minggu depan kami tanda tangani pinjaman sindikasi perbankan senilai Rp5 triliun," kata Antonius di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (8/3/22017).

Antonius menjelaskan, pinjaman tersebut bertenor tiga tahun dan bunga dibawah 9%. Manajemen WIKA berharap pinjaman tersebut dengan bunga diantara 7%-8%

“Kami dan kreditur masih mencari titik temu... kami mintanya dibawah 8%," ujar dia.

Dengan menggenggam dana tersebut, Antonius yakin target penyelesaian jalan tol tersebut akan rampung sesuai permintaan pemerintah.

“Pemerintah kan ingin jalan tol Balikpapan-Samarinda rampung pada tahun 2018," terang.

Untuk diketahui, jalan tol Balikpapan - Samarinda terbagi lima seksi dan dibangun dengan skema pembiayaan public private patnership (PPP).

Dalam hal ini, Konsorsium PT Jasa Marga Tbk, PT Wijaya Karya Tbk, PT PP Tbk dan PT Bangun Tjipta Sarana membangun seksi 2 Samboja - Palaran 23,3 Kilometer, seksi 3 Samboja - Palaran 2 sepanjang 21,9 kilometer dan seksi 4 Palaran - Jembatan Mahkota I sepanjang 17,9 kilometer.

Sedangkan Seksi 1 Balikpapan - Samboja 25,7 kilometer dibiayai oleh APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) provinsi Kalimantan Timur dan Seksi 5 Balikpapan - Sepinggan 11,09 kilometer didanai oleh pinjaman China dan APBN sebesar Rp9,5 triliun.