CEO VW Terancam Diganti

foto: istimewa

Pasardana.id - Perusahaan otomotif Jerman Volkswagen (VW) pada Selasa (10/4/2018) menyatakan CEO VW Matthias Mueller berpeluang untuk diganti sebagai bagian perubahan manajemen. Mueller mulai menjabat sebagai CEO VW sejak September 2015, setelah terjadinya skandal emisi diesel.

Seperti dilansir BBC News, media Jerman menyebutkan Brand Chief VW Herbert Diess berpeluang menjadi pengganti Mueller sebagai CEO, meski belum ada pernyataan resmi terkait hal tersebut.

Chairman VW Hans Dieter Poetsch telah berbicara dengan dewan pengawasan dan eksekutif perusahaan terkait akan dilakukannya perubahan di manajemen VW. Mueller juga tak terlepas dari perubahan yang akan dilakukan.

Mueller yang sebelumnya merupakan CEO Porsche menggantikan Martin Winterkorn pada 2015. Winterkorn mundur dari jabatan CEO VW akibat skandal ‘dieselgate’, dimana VW saat itu mengakui telah memanipulasi data 11 juta kendaraan diesel produksinya agar memenuhi persyaratan standar emisi.

Mueller dalam kepemimpinannya melakukan restrukturisasi VW dan 12 brand yang dimiliki perusahaan. Namun pada Mei 2017 lalu, jaksa penuntut di Stuttgart menyebutkan bahwa mereka melakukan investigasi terhadap Mueller dengan kecurigaan Mueller telah mengetahui terjadinya manipulasi data sebelum tersebar ke publik.