Daimler Investasi 50 Juta Euro Kembangkan Perusahaan Patungan dengan Via

foto: istimewa

Pasardana.id - Perusahaan otomotif Jerman, Daimler, menginvestasikan 50 juta euro (Rp793 miliar) untuk membangun perusahaan patungan dengan perusahaan start-up asal Amerika Serikat, Via. Perusahaan patungan tersebut, seperti dilaporkan Reuters pada Senin (4/9/2017), akan menawarkan jasa on-demand shared shuttle services di berbagai kota di Eropa, dimulai dari London tahun ini.

Via telah menyediakan 1 juta layanan pengantaran dalam sebulan di kota-kota di AS seperti Chicago, New York, dan Washington, melengkapi sistem transportasi setempat dengan membuat para pelanggan mereka dapat menggunakan aplikas ponsel pintar untuk berbagi mobil transportasi dalam mengantarkan mereka ke tempat tujuan.

Perusahaan patungan yang dibentuk antara unit bisnis Daimler, Mercedes-Benz Vans, dengan Via akan beroperasi sebagai entitas baru dan berkantor pusat di Amsterdam. Volker Morhinweg, kepala Mercedes-Benz Vans, akan bergabung dengan dewan direksi Via.

Usaha patungan Daimler dan Via akan berusaha untuk bermitra dengan operator angkutan umum di seluruh penjuru Benua Eropa . Selain itu juga mengembangkan teknologi kendaraan listrik dan otonom.