Kembangkan Digital Banking, Bank Mandiri Gandeng Rintis dan Citilink

Pasardana.id - Bank Mandiri terus berinovasi dalam memperkuat layanan digital banking untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada nasabah. Konsistensi ini terlihat melalui kerjasama perseroan dengan operator layanan switching PT Rintis Sejahteran (Rintis) dan maskapai nasional Citilink Indonesia dalam pembayaran mitra billers di jaringan Rintis dan penerbitan co-branding uang elektronik.
Menurut Direktur Distributions Bank Mandiri Hery Gunardi, sinergi dengan kedua perusahaan jasa tersebut merefleksikan keinginan perseroan untuk memperluas penetrasi perseroan di layanan perbankan online serta membudayakan transaksi online kepada masyarakat luas.
“Seiring dengan dukungan pada Gerakan Nasional Non Tunai, kami ingin menjadikan transaksi digital sebagai sebuah gaya hidup yang bisa menawarkan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat, sekaligus menciptakan efisiensi pengelolaan keuangan bagi pelaku dunia usaha," ungkap Hery saat penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Citilink Indonesia dan Rintis di Plaza Mandiri Jakarta, Kamis (19/10/2017).
Atas implementasi komitmen perseroan dalam membangun layanan digital banking selama ini, Hery melanjutkan, saat ini hampir 95% transaksi nasabah Bank Mandiri telah dilakukan melakukan jaringan elektronik perseroan. Buktinya, data pada Januari-Agustus 2017 memperlihatkan bahwa jaringan elektronik Bank Mandiri melayani lebih dari 6 juta transaksi per hari dengan transaksi finansial harian hingga Rp6,3 triliun.
“Dari data tersebut, channel elektronik yang paling sering digunakan nasabah adalah Mandiri ATM dengan frekuensi 3,6 juta transaksi per hari dan transaksi finansial harian sebesar Rp3 triliun," kata Hery.
Bank Mandiri dan PT Rintis Sejahtera sepakat menggunakan konsep Aggregator di mana Rintis akan memfasilitasi transaksi pembayaran Mitra Billers yang tergabung di Jaringan PRIMA pada e-channel Bank Mandiri secara real time online.
Pemanfaatan konsep aggregator ini, Menurut Hery, akan menguntungkan dari sisi administrasi dan teknis karena Bank Mandiri cukup terhubung dengan Rintis tanpa perlu berhubungan langsung dengan Mitra Billers.
“Dengan demikian, nasabah pelanggan mitra billers di jaringan PRIMA juga akan dapat melakukan transaksi pembayaran di Bank Mandiri. Harapannya, kerjasama ini juga dapat meningkatkan manfaat yang ditawarkan Rintis kepada mitra billers," kata Hery.
Presiden Direktur Rintis Sejahtera Iwan Setiawan, kerjasama ini merupakan kebanggaan bagi Jaringan Prima sebagai Payment Aggregator dan Mitra Billers serta Bank Mandiri untuk bersama-sama mewujudkan layanan payment solutions yang akan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat yang dilayani oleh Bank Mandiri.
Di samping itu, kerjasama ini mendukung Bank Mandiri yang secara konsisten terus mengembangkan layanan digital banking bagi Nasabah dan mewujudkan visi Bank Mandiri menjadi Asian Best Prominent.
Sementara itu, Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo mengatakan, kerjasama dengan Bank Mandiri akan menjadikan Citilink Indonesia maskapai pertama di Indonesia yang memiliki dan menggunakan uang elektronik dalam transaksi layanan produk penerbangannya.
“Peluncuran uang elektronik ini diharapkan akan memberikan kemudahan transaksi serta manfaat tambahan bagi pelanggan Citilink Indonesia," kata Juliandra.
Dijelaskannya, uang elektronik Citilink Indonesia akan memiliki tiga desain eksklusif dan bisa didapatkan oleh pelanggan di dalam pesawat saat melakukan penerbangan bersama Citilink Indonesia.
Nantinya, tambah Juliandra, uang elektronik Citilink Indonesia juga akan dapat dipergunakan di 30.000 merchant Bank Mandiri di seluruh Indonesia dan ke depannya akan dipergunakan sebagai alat pembayaran transaksi seperti pembelian tiket dan pembayaran layanan produk Citilink Indonesia lainnya seperti makanan dan minuman dalam pesawat (SOB), kelebihan bagasi di bandara, dan lainnya.