Dukung Visit Wonderful Indonesia 2018, PHRI Luncurkan Bookingina.com

foto: istimewa

Pasardana.id - Sebagai negara yang memiliki keindahan dan pesona alam, Indonesia menawarkan daya tarik yang tinggi bagi wisatawan. Pemerintah telah memberi perhatian khusus ke sektor pariwisata karena dianggap mampu menjadi penopang pertumbuhan ekonomi yang strategis bagi negara.

Menurut data Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), ada sekitar lebih dari 2.300 hotel berbintang di seluruh nusantara yang menyediakan sekitar 290.000 kamar. Sementara itu, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), ada sekitar 16.000 hotel non bintang dengan jumlah kamar mendekati 285.000.

Menyikapi kondisi peluang pertumbuhan pariwisata dunia saat ini, yang mana Indonesia sangat berpeluang besar dalam menyambut kehadiran 20 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2019, Ketua PHRI Haryadi Sukamdani bersama para pengurus BPP PHRI akhirnya sepakat meluncurkan bookingina.com di Jakarta, Senin (11/12/2017).

Menurut Hariyadi, sebuah aplikasi reservasi perhotelan di Indonesia ini sebagai bentuk amanah para anggota PHRI untuk dapat memberikan pelayanan reservasi yang murah dan bersaing dari lainnya yang telah ada.

"Bookingina.com juga menjadi sebuah booking engine yang akan terintegrasi dalam program Visit Wonderful Indonesia 2018," kata Hariyadi.

Adapun program aplikasi ini merupakan hasil kerjasama PHRI dengan PT Maia Putra Lestari.

Hariyadi menambahkan, daya tarik bookingina.com bagi pemilih hotel adalah komisi yang lebih rendah khususnya bagi anggota PHRI dan mekanisme extranet yang dapat dikendalikan sepenuhnya oleh pihak hotel. Di pihak konsumen, akan memberikan tambahan alternatif untuk memperoleh harga kamar yang kompetitif dan pelayanan yang lebih baik.

"Sehingga semua hotel di Indonesia tertarik untuk bergabung dengan bookingina.com," tambah Hariyadi.