Apindo Sebut Pertumbuhan Ekonomi 2017 Tak Akan Capai Target

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) pesimistis pertumbuhan ekonomi tahun ini akan sesuai dengan harapan pemerintah. Salah satu faktor penghambatnya adalah masih banyak sektor industri yang belum tumbuh baik.

Pernyataan itu disampaikan Ketua Apindo Hariyadi Sukamdani di Jakarta, Selasa (5/12/2017). Menurut Hariyadi, sektor industri yang dimaksud antara lain industri pengolahan dan manufaktur.

"Sehingga target di 2017 yang sebesar 5,2% dalam APBN Perubahan 2017 tak akan tercapai seperti target pemerintah tersebut," ujar Hariyadi.

Proyeksi Apindo juga sejalan dengan capaian kinerja peetumbuhan ekonomi per kuartal sendiri realisasinya jauh dari target. Haryadi menyebut, pada kuartal III tahun 2017 itu ekonomi Indonesia hanya tumbuh 5,0%. Hal itu dinilainya sangat rendah dari proyeksi sebelumnya. Padahal ditargetkan bisa mencapai 5,1% pada kuartal III-2017.

Dia sendiri menyayangkan, kinerja pertumbuhan di tahun ini masih banyak meleset dari perkiraan.

"Makanya, proyeksi kami hingga akgir tahun ini kami turunkan dari target itu," jelas dia.

Karena, kata dia, pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai 5,2% jika ekonomi di kuartal IV-2017 bisa tumbuh mencapai 5,35%. "Makanya, dari berbagai analisis dan proyeksi memperkirakan target kuartal IV sangat sulit terealisasi, sebab itu dilihat dari pencapaian growth yang diraih sepanjang ?kuartal I hingga kuartal III 2017," jelas Hariyadi.