ANALIS MARKET (20/12/2018) : Beragam Sentimen Banjiri Pasar, IHSG Diestimasi Bergerak Melemah

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, diperdagangan kemarin (19/12), indeks harga saham gabungan (IHSG) berhasil ditutup menguat, ditopang oleh tren penguatan rupiah dan sektor konsumer.

Pergerakan juga dipengaruhi oleh window dressing. Adapun sector perdagangan yang mengalami Top Gainers, yaitu: Consumer (+2.82%), Basic Industry (+2.69%), Agriculture (+1.52%).

Sementara itu, investor global menanti pengumuman suku bunga The Fed kemarin (19/12). Pasar Asia ditutup variatif di tengah IPO SoftBank Corp dan penurunan sektor energi terkait harga minyak global.

Pasar Eropa bergerak menguat ditopang oleh adanya kesepakatan terkait rancangan anggaran Italia.

Di sisi lain, pasar AS ditutup turun seiring keputusan The Fed untuk mengurangi neraca keuangannya.

Lebih lanjut, riset NH Korindo menyebutkan, untuk perdagangan hari ini, para pelaku pasar mencermati sentiment The Fed yang tadi malam (19/12) menaikkan suku bunga sebesar 25 bps, sesuai dengan ekspektasi pasar.

Kenaikan ini merupakan yang ke-empat kalinya pada 2018. The Fed juga memperkirakan akan ada kenaikan suku bunga sebanyak 2x pada 2019.

Hal ini berbeda dengan ekspektasi pasar yang mengharapkan tidak ada kenaikan pada 2019, karena ekonomi AS akan menghadapi tantangan perlambatan.

Dari domestik, pasar akan menantikan hasil rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI). Pasca pertemuan The Fed tadi malam (19/12), BI diperkirakan akan berusaha sekuat tenaga untuk meminimalkan dampak volatilitas pada pasar keuangan Indonesia. Bukan mustahil BI mengambil opsi kenaikan suku bunga kembali.

“Menyikapi beragam kondisi tersebut diatas, untuk hari ini, kami mengestimasi IHSG bergerak melemah dengan support range 6118-6121 dan resistance range 6192-6198,” sebut analis NH Korindo dalam riset yang dirilis Kamis (20/12/2018).

Adapun sebagai rekomendasi saham untuk aksi Trading Buy, riset menyebut: AALI, MAPI, dan JPFA layak dikoleksi diperdagangan hari ini, Kamis (20/12/2018).