ANALIS MARKET (17/10/2018) : IHSG Diestimasi Bergerak Menguat, Tiga Saham Ini Direkomendasikan Beli

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, indeks harga saham gabungan (IHSG) bergerak menguat kemarin (16/10), di tengah penguatan nilai tukar rupiah. Penguatan ditopang oleh sektor konsumer, terkait data pertumbuhan penjualan mobil September yang meningkat menjadi 6,2% m-m. Adapun sector perdagangan yang mengalami Top Gainers, yaitu: Consumer (+2.35%), Infrastructure (+2.14%), Misc. Industry (+1.61%).

Sementara itu, Bursa AS ditutup melonjak naik kemarin (16/10), seiring dengan positifnya rilis kinerja keuangan emiten 3Q18. Hal ini pun turut berdampak pada pergerakan bursa Eropa.

Di sisi lain, bursa Asia ditutup variatif kemarin (16/10), di tengah eskalasi tensi geopolitik antara Arab Saudi dan Amerika Serikat.

“Untuk hari ini, kami mengestimasi IHSG bergerak menguat dengan support range 5746-5756 dan resistance range 5863-5871,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam laporan riset yang dirilis Rabu (17/10/2018).

Lebih lanjut, riset juga menyebutkan, kondisi pasar global saat ini cukup kondusif ditandai oleh rally pada bursa AS yang mencatatkan kenaikan di atas 2% tadi malam.

Di sisi lain, pergerakan dollar index yang masih melemah memberikan energi positif bagi pergerakan mata uang rupiah. Hal ini membuat investor asing mulai membukukan posisi net buy yang signifikan di pasar saham Indonesia pada dua hari terakhir.

Pasar dalam beberapa hari ke depan akan fokus pada rilis kinerja laba 3Q18 dari beberapa perusahaan, terutama perusahaan berkapitalisasi besar. Antara lain, BMRI yang akan merilis kinerja keuangan 3Q18.

Sedangkan sebagai rekomendasi saham untuk aksi Trading Buy, riset menyebut: BBTN, TLKM, dan MAPI layak dikoleksi diperdagangan hari ini, Rabu (17/10/2018).