Allianz Life Perkenalkan Sistem Underwriting Otomatis

foto : istimewa

Pasardana.id - PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) memperkenalkan sistem underwriting otomatis bernama Expert Underwriting System (EUS) sebagai sebuah terobosan untuk mengoptimalkan pengalaman berasuransi yang baik kepada calon nasabah.

Acara peluncuran diadakan di Raffles Hotel Jakarta dan di antaranya dihadiri oleh Handojo G. Kusuma, Deputy CEO Allianz Life Indonesia dan dr. Lanny Novianty, Head of Individual Policy Management and Claim Allianz Life Indonesia.

Sebelum kehadiran EUS, proses penilaian profil risiko terhadap calon nasabah asuransi jiwa atau dikenal dengan sebutan proses underwriting dilakukan oleh tenaga manusia yang disebut dengan underwriter.

Seluruh informasi dan keterangan yang diberikan oleh nasabah mengenai riwayat kesehatannya yang tercantum di dalam Surat Pengajuan Asuransi Jiwa (SPAJ) akan dianalisa oleh para underwriter menggunakan kaidah-kaidah umum dan berstandar internasional untuk kemudian ditentukan keputusannya apakah calon nasabah diterima atau ditolak untuk diasuransikan.

Dengan kehadiran EUS, maka peran underwriter manusia digantikan oleh sistem yang telah diprogram untuk memproses underwriting dan tetap sesuai dengan kaidah-kaidah umum di dalam asuransi jiwa. Peran dan kompetensi underwriter manusia akan ditingkatkan untuk memproses data-data calon nasabah yang lebih kompleks dan membutuhkan analisa tertentu yang tidak terdapat di dalam sistem.

“Allianz Life senantiasa menempatkan nasabah sebagai titik sentral dari berbagai inisiatif dan inovasi. Kami memahami bahwa proses paling awal dari pembelian produk asuransi akan menjadi tolak ukur dari kepuasan dan pengalaman nasabah nantinya. Oleh karenanya, kami mengarahkan transformasi digital di Allianz untuk mengotomatisasi proses pengajuan asuransi jiwa dari calon nasabah sehingga proses berjalan efektif dan efisien bagi nasabah dan juga agen asuransi yang memasarkannya," ujar Handojo, Senin (4/9/2017).