Pengembangan Bisnis, PT Angkasa Pura II (Persero) Bakal Hadirkan Konsep Skycity di Beberapa Bandara

foto : istimewa

Pasardana.id - PT Angkasa Pura II (Persero) berencana mengembangkan bisnisnya dengan membuat konsep skycity atau pengembangan usaha pada properti bandara dan pendukungnya.

Skycity dimaksud adalah pengembangan area commercial mixed-use yang terdiri dari apartemen, premium outlet, gedung perkantoran, area pameran serbaguna, dan sebagainya.

Menurut Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin, melalui anak usaha, AP II akan mengembangkan bisnis baru di Bandara Internasional Soekarno-Hatta seperti Hotel di Terminal 3 domestik dan internasional, Skycity, Heliport, Pusat Logistik Berikat, Skyhub, integrated building, dan parkir inap baru.

Adapun Skyhub, merupakan area seluas kurang lebih 10.000 m2 yang di dalamnya terdapat SPBU, minimarket atau toko swalayan, auto car wash, rest area, pusat kuliner, dan hotel bujet.

“Selain di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, pengembangan usaha juga dilakukan di Bandara Internasional Kualanamu (Deli Serdang) yaitu pembangunan hotel, lalu di Supadio (Pontianak) dan Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru) yakni pengembangan area komersial," terangnya di Jakarta, Jumat (28/7).

Lebih lanjut dijelaskan, hingga akhir tahun ini, AP II secara berkelanjutan tetap menjalankan sejumlah program strategis di antaranya adalah pengimplementasian smart airport melalui teknologi informasi, pengembangan kapasitas landasan pacu di Bandara Internasional Soekarno-Hatta sehingga dapat mengakomodasi 86 pergerakan pesawat per jam, pembangunan runway ketiga.

Pada tahun ini sebagai program strategis juga dilakukan revitalisasi Terminal 1 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, pengembangan Bandara Silangit untuk melayani penerbangan internasional, serta rencana mengelola enam bandara baru.