Angkasa Pura II Implementasikan Konsep Transformasi Digital Dalam Pengelolaan Bandara

Pasardana.id - Sejalan dengan visi perusahaan untuk menjadi "The Best Smart Connected Airport Operator In The Region", Angkasa Pura II berkeyakinan bahwa diperlukan transformasi budaya kerja secara menyeluruh dalam proses pengelolaan kebandarudaraan.
Dalam menjawab tuntutan perubahan industrial yang mengedepankan teknologi berbasis digital, manajemen Angkasa Pura II mengadopsi dan mengimplementasikan digital transformation.
Penyempurnaan sistem dan kinerja perusahaan harus menyentuh sisi hard structure serta soft structure dimana keduanya saling berkolaborasi untuk mewujudkan layanan berbasis teknologi baru.
Selain telah menerapkan sejumlah aplikasi berbasis digital (hard infrastructure) sejak 2016, maka perlu internalisasi budaya kerja yang juga mengedepankan budaya yang telah bertransformasi ke arah digital (soft infrastructure).
Presiden Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, bahwa Angkasa Pura II dalam mengimplementasikan budaya digital transformation telah membekali diri dengan 3 konsep dasar digital transformation.
"Manajemen memahami bahwa tujuan kami kedepannya adalah mempersiapkan seluruh insan perusahaan untuk siap bertransformasi. Itulah kenapa kami mencetuskan digital transformation secara menyeluruh dengan dimotori 3 konsep dasar digital transformation yaitu driven by digital strategy, engined by digital leadership, dan strenthened by digital culture," ungkal Awaluddin, Rabu (12/12/2018).
Awaluddin juga menjelaskan bahwa produk layanan berbasis digital kini telah dirasakan manfaatnya oleh seluruh pelanggan bandara.
"Secara perlahan namun pasti, kami hadir dengan potret wajah perusahaan yang berbeda. Sejak 2016, kami telah meluncurkan produk digital baik dari sisi service maupun operasional bandara. Kita punya digital lounge, chatBOT, Indonesia Airports App, digital kiosk, e-payment, mobile check in, Airport Operation Control Center (AOCC), dan beberapa produk layanan lainnya," tutup Awaluddin.
Dengan semakin mengedepankan layanan serta membudayakan perubahan berbasis digital, Angkasa Pura II berkomitmen untuk selalu menjaga level of service serta mampu memberikan digital journey experience kepada seluruh pengunjung dan pengguna jasa bandara.