ANALIS : Pasar Obligasi Diperkirakan Akan Dibuka Melemah dengan Potensi Melemah Terbatas

foto : istimewa

Pasardana.id - Riset harian PT Indo Mitra Sekuritas menyebutkan, pagi ini pasar obligasi diperkirakan akan dibuka melemah dengan potensi melemah terbatas. 

Maximilianus Nico Demus, Head of Research Division PT Indo Mitra Sekuritas memaparkan, meskipun pasar obligasi secara teknikal analisa sudah memperlihatkan tanda-tanda lebih dari 50% untuk melemah, harga obligasi masih berusaha bertahan. 

Namun hal ini hanya tinggal menunggu waktu saja untuk obligasi mengalami penurunan.

“Kami menilai bahwa, euphoria peningkatan rating S&P akan menjadi kompensasi bagi harga obligasi dalam menghadapi kenaikkan The Fed pada bulan depan untuk tidak turun terlalu dalam,” terang Nico kepada Pasardana.id, di Jakarta, Rabu (31/5/2017).

“Kami merekomendasikan jual hari ini dengan volume kecil hingga sedang, masih terfokus dengan strategi jangka pendek. Perhatikan setiap pergerakan harga obligasi rentang 25 - 50 bps, lebih dari itu mungkin akan menunjukkan arah obligasi selanjutnya,” jelas Nico.

Sementara pergerakan pasar obligasi Selasa (30/5) kemarin masih terlihat agak ragu, ditengah minimnya sentiment serta penantian akan data inflasi. Sehingga para pelaku pasar dan investor juga relative tidak banyak melakukan aksi di pasar sekunder, selain mengikuti lelang kemarin.

Selain itu, para pelaku pasar dan investor juga terlihat mengambil posisi ambil untung pada obligasi berdurasi jangka panjang, hal ini dilakukan memang ketika harga obligasi terlihat tinggi, sehingga para investor bisa bersiap kembali mengambil di posisi yang rendah kembali pada bulan depan, mengingat bulan depan ada potensi kenaikkan Fed Rate yang menyebabkan harga obligasi mungkin akan sedikit melemah.