ANALIS : Pasar Obligasi Diperkirakan Akan Dibuka Menguat dengan Potensi Menguat Terbatas

foto : istimewa

Pasardana.id - Riset harian PT Indo Mitra Sekuritas menyebutkan, bahwa pagi ini pasar obligasi diperkirakan akan dibuka menguat dengan potensi menguat terbatas.

“Keterbatasan ini dating dari mulai berkurangnya ruang penguatan, sehingga pasar obligasi hanya tinggal menanti koreksi sehat, sebelum kalau memang menguat, tentu dia akan menguat kembali,” terang Head of Research Division PT Indo Mitra Sekuritas, Maximilianus Nico Demus kepada Pasardana.id, di Jakarta, Senin (29/5/2017).

Selain itu, lanjut Nico, keterbatasan berikutnya akan dating dari penantian data inflasi. Menurut konsensus, inflasi kembali naik menjadi 4.3%. 

“Meskipun masih dalam batas aman, namun selama distribusi dan pengawasan harga pasar belum maksimal, inflasi akan dapat melebihi dari target pada saat Lebaran nanti,” terang Nico. 

Ditambahkan, harga obligasi akan bisa menguat apabila dibantu oleh dana capital inflow yang mulai masuk kembali secara perlahan.

Rentang imbal hasil obligasi 10 tahun saat ini adalah 6.85 - 7.02, sedangkan untuk yang 20 tahun adalah 7.50 - 7.63. 

 “Kami merekomendasikan beli hari ini dengan volume kecil, dengan berfokus pada strategi jangka pendek. Minim sentiment membuat pasar obligasi akan sukar bergerak hari ini,” tandas Nico.