ANALIS : FOMC Jadi Fokus Pasar Obligasi Minggu Ini

foto : istimewa

Pasardana.id - Riset harian Indo Mitra Sekuritas menyebutkan, pagi ini pasar obligasi untuk obligasi berdurasi 5 tahun dan 10 tahun diperkirakan akan dibuka menguat dengan potensi mengalami pelemahan. 

Untuk obligasi berdurasi 15 tahun dan 20 tahun, diperkirakan akan dibuka melemah dengan potensi melemah terbatas. Khususnya obligasi 15 tahun, akan berusaha menguji support hari ini, yang apabila bertahan tentu akan mengalami titik balik.

Menurut Maximilianus Nico Demus, Head of Research Division PT Indo Mitra Sekuritas, focus obligasi di minggu ini adalah adanya FOMC yang dilaksanakan pada tanggal 14 Juni nanti, yang akan memberikan keputusan dihari yang sama ketika Bank Indonesia juga mengumumkan tingkat suku bunganya.

“Probabilitas kenaikkan Fed Rate saat ini berkisar 97.8%, namun Bank Indonesia, kami tetap memperkirakan mereka akan tetap mempertahankan tingkat suku bunga saat ini,” terang Nico kepada Pasardana.id, di Jakarta, Senin (12/6/2017).

Penting diingat, lanjut dia, pandangan kedua Bank Sentral ini tentu akan mempengaruhi arah pasar berikutnya.

Ditambahkan, perhatian berikutnya juga tertuju kepada rapat umum Bank of Japan yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 Juni, yang diekspektasi tidak akan mengubah tingkat suku bunga.

“Kami merekomendasikan hold hari ini, dengan masih terfokus transaksi jangka pendek, namun menanti moment yang tepat untuk masuk,” tandas Nico.