Implementasi MEA Dinilai Sangat Penting untuk Mendorong Potensi Ekonomi di Asia Tenggara

foto : istimewa

Pasardana.id - Percepatan implementasi Masyarakat Ekonomi ASEAN dinilai sangat penting guna mendorong potensi ekonomi di kawasan Asia Tenggara.

Penguatan ekonomi regional tersebut, bisa melalui pembenahan infrastruktur untuk konektivitas, mendorong peran UMKM, serta menghilangkan hambatan dalam perdagangan untuk produktivitas barang serta jasa.

Demikian dikatakan Wakil Menteri Keuangan, Mardiasmo, dalam pertemuan ASEAN Finance Ministers Investors Seminar (AFMIS) Ke-11 di Jakarta, Selasa (15/11) kemarin.

"Kita akan memperkuat Masyarakat Ekonomi ASEAN agar kawasan ini bisa menjadi daerah tujuan menarik bagi investasi," katanya.

Ditambahkan, ASEAN juga telah membuat kerangka kerja regulasi untuk memberikan perlindungan bagi investor, membuka sektor tertentu bagi investasi asing, dan memberikan transparansi bagi kebijakan investasi.

"Indonesia sendiri, telah memperkuat fundamental ekonomi dan melakukan reformasi struktural yang bersinergi dengan negara ASEAN lainnya agar integrasi dapat berjalan lebih kuat dan fondasi ekonomi regional tidak rapuh dalam menghadapi tekanan global," tandas Mardiasmo.