Indonesia Berpeluang Besar Menguasai Pasar Keuangan ASEAN

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Anggota Komisi XI DPR, Maruarar Sirait menilai, dengan sumber daya manusia yang sangat besar, dengan lebih dari 200 juta penduduk, merupakan peluang sangat besar bagi Indonesia untuk bisa menguasai pasar keuangan ASEAN.

Saat menjadi pembicara utama di acara "Indonesian CEO Talk" bertema "Peran Industri Jasa Keuangan Sebagai Motor Penggerak Perekonomian Bangsa di Era MEA" yang digelar di Jakarta, Selasa (17/5/2016), Maruarar juga menekankan pentingnya untuk terus membangun sikap optimisme dalam menghadapi persaingan di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN.

"Kita tidak hanya berfikir menjadi tuan rumah dengan SDM yang besar yang kita miliki. Tapi kita juga harus mempunyai capaian untuk menguasai di negara ASEAN. Semangat ini harus kita miliki," kata Maruarar dalam keterangan persnya.

Meskipun demikian, ia menilai, koordinasi yang kurang harmonis antara pihak-pihak terkait, baik oleh OJK, BI dan pemerintah, bisa menjadi penghambat untuk memajukan dunia usaha di Indonesia.

"Selama 12 tahun menjadi anggota DPR, terkait koordinasi tersebut, selama ini kurang berjalan maksimal. Padahal, jika koordinasi ini terbangun, maka dunia industri di Indonesia tidak dirugikan," tegasnya.

Diskusi itu dihadiri ratusan peserta yang terdiri dari pakar ekonomi, praktisi, pengusaha dan akademisi.

Tampak hadir sebagai pembicara utama Ketua Dewan komisioner OJK Muliaman D Hadad. Sementara bertindak sebagai panelis Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja dan Direktur Utama BRI, Asmawi Syam.