Yunani Diprediksikan Menikmati Pertumbuhan Ekonomi 2,7 Persen pada 2017

foto: istimewa

Pasardana.id - Setelah lebih dari setengah dekade berada dalam kondisi resesi, perekonomian Yunani mulai menunjukkan tanda perbaikan. Negeri Para Dewa diprediksikan menikmati pertumbuhan ekonomi 2,7 persen pada 2017.

"Kami berada dalam titik balik dimana bisa dikatakan akan meninggalkan masa resesi," kata Menteri Perekonomian Yunani, Giorgos Stathakis, seperti dikutip The Guardian, Senin (3/10/2016).

Yunani juga diperkirakan akan mencapai target bailout, yaitu mencapai surplus GDP 0,5 persen tahun ini, di luar pembayaran hutang luar negeri. Untuk tahun depan Yunani diproyeksikan mencapai surplus GDP 1,75 persen, sejalan dengan program bantuan yang diterima musim panas lalu sebesar 86 miliar euro atau sekitar 74 miliar pound sterling.

Yunani akhir bulan ini akan menghadapi tinjauan dari negara-negara Eropa pemberi pinjaman. Berbagai indikasi yang ada menunjukkan hasil yang memuaskan dari pinjaman, yaitu pendapatan pajak lebih tinggi dari perkiraan dan berbagai minat investasi terhadap program privatisasi negara tersebut, sehingga program bailout tampaknya akan terus berjalan mendukung perbaikan yang tengah berlangsung.