KSEI Resmi Rilis Layanan S-MULTIVEST, IFG Life Pengguna Pertama

foto : dok. KSEI

Pasardana.id – PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) resmi meluncurkan penggunaan perdana layanan Sistem Multi Investasi Terpadu (S-MULTIVEST) dengan menggandeng PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life).

Kerja sama tersebut menjadi awal mula penggunaan sistem di pasar modal untuk perusahaan asuransi.

Kolaborasi ini diluncurkan secara simbolis di gedung BEI, Jakarta, Selasa (21/5), oleh Direktur Utama KSEI, Samsul Hidayat dan Direktur Utama IFG, Hexana Tri Sasongko, disaksikan Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Ogi Prastomiyono, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Keuangan Derivatif, dan Bursa Karbon OJK, Inarno Djajadi, Direksi dan Komisaris PT Bursa Efek Indonesia dan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia, serta para tamu undangan lain.

Turut hadir dan menyaksikan prosesi tersebut, Direktur Syariah Banking PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga), Pandji P. Djajanegara selaku Bank Kustodian yang bekerjasama dengan IFG Life untuk penggunaan S-MULTIVEST.

“Kerja sama penggunaan S-MULTIVEST di industri keuangan dapat memberikan banyak manfaat, baik bagi pengguna S-MULTIVEST maupun regulator. Manfaat bagi Pengguna S-MULTIVEST, antara lain; efisiensi proses, platform yang terintegrasi, serta kemudahan pemantauan dan pelaporan. Selain itu dengan adanya standarisasi proses, data yang terintegrasi, dan ketersedian data transaksi secara realtime diharapkan dapat memberikan manfaat bagi regulator untuk mempermudah proses pengawasan oleh regulator terhadap pengguna S-MULTIVEST,” terang Direktur Utama KSEI, Samsul Hidayat.

Lebih lanjut, Samsul berharap, bahwa berbagai manfaat dari penggunaan S-MULTIVEST dapat menarik semakin banyak pihak yang berasal dari industri keuangan lainnya, yang menyusul PT Asuransi Jiwa IFG untuk menggunakan S-MULTIVEST ke depannya.

Perjanjian kerja sama penggunaan layanan Sistem Multi Investasi Terpadu telah ditandatangani KSEI dan IFG Life pada 16 Februari 2024.

Perjanjian tersebut menjadi dasar bagi IFG Life dalam menggunakan S-MULTIVEST untuk dapat melakukan kegiatan transaksi aset investasi atas dana kelolaan dari produk asuransi, maupun kegiatan lain terkait dengan pencatatan maupun pelaporan transaksi melalui S-MULTIVEST.

Adapun kerja sama antara KSEI dan IFG Life merupakan jalinan perdana antara pasar modal dan asuransi dalam hal penggunaan sistem.

Direktur Investasi IFG Life, Mufri Dharmawan menyatakan, bahwa penggunaan layanan S-MULTIVEST ini membuat kegiatan operasional investasi lebih efisien. Selain itu, pengelolaan investasi menjadi lebih transparan karena data transaksi dapat diakses oleh regulator kapan saja.

Hal ini merupakan salah satu upaya nyata IFG Life untuk memastikan aset investasi dikelola secara profesional dengan memegang prinsip kehati-hatian sebagai bagian dari good corporate governance (GCG) dan manajemen risiko.

"Kerja sama IFG Life dengan KSEI akan memperkuat tata kelola investasi di IFG Life, sesuai dengan komitmen IFG Life guna memastikan proses bisnis yang akuntabel dan berkelanjutan bagi nasabah. Penggunaan platform S-MULTIVEST ini kami lakukan dengan tujuan utama agar dana nasabah aman, sehingga rencana masa depan pemegang polis IFG Life tetap terjaga. IFG Life merupakan perusahaan asuransi pertama yang menggunakan sistem ini, bukti keseriusan kami menjaga amanat para nasabah” ungkap Mufri.

Untuk mendukung ini, IFG Life bekerja sama dengan Bank Mandiri dan CIMB Niaga selaku Bank Kustodian.

Sementara itu, di kesempatan yang sama, Direktur Syariah Banking CIMB Niaga, Pandji P. Djajanegara menyambut baik inovasi yang dilakukan oleh KSEI tersebut.

“Kehadiran dan implementasi S-MULTIVEST menjadi salah satu alternatif platform untuk nasabah kustodian CIMB Niaga, sekaligus menambahkan kapabilitas kanal distribusi dalam pengiriman instruksi transaksi para nasabah yang telah dimiliki CIMB Niaga. Diharapkan, dengan adanya sistem S-MULTIVEST dari KSEI ini, dapat memberi nilai tambah terhadap pelayanan untuk nasabah kustodian CIMB Niaga, khususnya dari sisi validitas dan efisiensi waktu dalam pengiriman instruksi. Karena bagi CIMB Niaga nasabah adalah #YangUtama,” ujar Pandji.

S-MULTIVEST merupakan platform yang mengintegrasikan pemilik aset (asset owner) dengan pelaku industri investasi dalam rangka penyelesaian transaksi multi-investasi khususnya dalam proses pengiriman instruksi, pemberian konfirmasi antar para pihak serta memenuhi kebutuhan pelaporan secara elektronik.

Platform yang diluncurkan KSEI sejak tahun 2021 ini merupakan pengembangan dari Sistem Pengelolaan Investasi Terpadu (S-INVEST) yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi transaksi reksa dana sejak tahun 2016.

Kedua sistem tersebut merupakan salah satu tonggak sejarah pengembangan pasar modal Indonesia, karena KSEI berhasil mengembangkan sistem terintegrasi untuk proses administrasi dan transaksi produk investasi.