Hannover Messe 2024, Nicke Widyawati : 50 Persen Lebih UKM Pertamina Dimiliki Perempuan

Foto : istimewa

Pasardana.id - Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati menegaskan, komitmen Pertamina untuk mendorong peran perempuan semakin signifikan dalam industri energi nasional.

Di forum bisnis internasional Hannover Messe 2024, Nicke mengungkapkan, komitmen ini dibuktikan dengan penetapan target hingga 25% pemimpin perempuan di dalam lingkup bisnis Pertamina Group.

Dia berharap, perempuan bisa dapat meningkatkan kontribusinya di sektor energi.

Nicke bilang, perempuan dapat memegang peran strategis, bukan hanya peran pendukung melainkan hingga di tingkat pimpinan. 

Saat ini, pekerja perempuan di Pertamina sekitar 18% dan sebagian besar dari mereka berada di fungsi pendukung, dan di tingkat manajemen persentasenya hampir 20%.

"Kami memiliki target untuk meningkatkan angka tersebut menjadi 25% tahun ini, dan hal yang sama berlaku bagi BUMN untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam tenaga kerja," ujar Nicke dalam sesi diskusi Business Forum bertema 'Forging Smart & Sustainable Industry' - Women in Industry 4.0,' di Hannover, Jerman, Senin (22/4) lalu.

Dia mengatakan, saat ini, Pertamina telah membentuk komunitas yang didedikasikan untuk memberdayakan pekerja perempuan.

Komunitas ini melakukan pelatihan, mentoring dan program khusus yang ditujukan untuk karyawan dan Universitas Pertamina.

"Kami memiliki kuota khusus yang menetapkan persentase tertentu dari pesertanya harus perempuan," imbuh Nicke.

Selain itu, Pertamina juga fokus pada pengembangan dan pemberdayaan perempuan untuk UMKM.

Sebelumnya, hanya sedikit UMKM binaan Pertamina dimiliki oleh Perempuan.

"Sekarang lebih dari 50 persen dari UKM kami (Pertamina) dimiliki perempuan. Kami memiliki program khusus untuk meningkatkan peran perempuan dalam Usaha Kecil Menengah. Kami juga memiliki program magang yang mengalokasikan sebagian kuota untuk perempuan untuk memberikan kesempatan yang lebih besar kepada mereka," tandasnya.